Popular Post

Rabu, 27 November 2013

Menurut data yang tersedia dari teleskop ruang angkasa Kepler NASA, astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) memperkirakan bahwa enam persen dari keseluruhan planet yang mengorbit bintang kerdil merah (red dwarf stars) memiliki ukuran seperti bumi. kisaran jarak planet dari bintang dimana suhu permukaan planet yang mengorbit mungkin cocok untuk adanya air layaknya di Bumi. Para peneliti sekarang percaya bahwa planet seukuran Bumi dengan suhu moderat mungkin hanya 13 tahun cahaya.
 


"Kami tidak tahu apakah kehidupan bisa eksis di sebuah planet yang mengorbit bintang katai merah, tetapi temuan ini membuat saya bertanya-tanya apakah sebuah kosmik kehidupan yang lebih beragam menunggu untuk ditemukan," kata Natalie Batalha, ilmuwan Misi Kepler , NASA Ames Research Center di Moffett Field, California



Tim peneliti menganalisis kandidat 95 planet dalam katalog Kepler yang mengorbit bintang katai merah. Sebagian besar calon bukan ukuran yang tepat atau suhu yang dianggap mirip Bumi, seperti yang didefinisikan, ukuran relatif terhadap bumi dan jarak dari bintang induknya. Namun, tiga kandidat memiliki iklim sedang dan lebih besar setengah kali ukuran Bumi.



Bintang katai merah adalah bintang yang lebih kecil, lebih dingin, dan lebih lemah dari bintang (matahari) kita. Katai merah hanya memiliki ukuran sepertiga lebih besar dan satu-seperseribu seterang matahari. Akibatnya, zona layak huni di orbit tersebut tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Dapat dibilang dengan bintang dingin daripada matahari.



"Ini dekat di zona layak huni di sekitar bintang yang lebih dingin membuat planet lebih rentan terhadap efek flare dan interaksi gravitasi," kata Victoria Meadows, profesor di University of Washington dan peneliti utama Astrobiology NASA Institute



Tiga kandidat planet dalam penelitian ini adalah Kepler Obyek of Interest (KOI) 1.422,02, yang memiliki 90 persen ukuran Bumi dalam orbit 20 hari, KOI-2.626,01, 1,4 kali ukuran Bumi dalam orbit 38-hari; dan KOI-854,01, 1,7 kali ukuran Bumi dalam orbit 56 hari.Terletak antara 300 sampai 600 tahun cahaya, tiga bintang orbit calon Bumi dengan suhu berkisar antara 3.400 sampai 3.500 derajat Kelvin. Sebagai perbandingan, suhu matahari hampir 5.800 derajat Kelvin.Kepler adalah misi NASA pertama yang mampu menemukan planet seukuran Bumi di atau dekat zona layak huni. Kepler mendeteksi planet dan kandidat dengan berbagai ukuran dan jarak orbit untuk membantu para ilmuwan lebih memahami tempat kita di galaksi.



Sumber: NASA dan www.info-kitaku.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sky iNN - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -