Popular Post

Senin, 02 Desember 2013

Cahaya Bintang yang kita lihat adalah cahaya ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Tidak percaya? di baca dulu nih penjelasannya. 

cahaya-kelap-kelip

Sebenernya simple, sobat bisa lihat sendiri saat malam tiba jika langit tidak mendung pasti banyak cahaya-cahaya kecil di langit. Ya, itu bintang. Pertanyaannya,  Kenapa bintang itu terlihat sangat kecil dari bumi ? itu ya karena letak bintang dengan bumi sangat jauh. 
bintang itu sesungguhnya adalah benda langit yang berukuran raksasa, yang berisi gas sedang terbakar dahsyat. bintang adalah bola api raksasa yg sedang menyala - nyala dengan suhu jutaan derajat!!(Fiuh Hot banget ye sob) berapakah jaraknya sehingga terlihat sangat kecil ? perlu sobat semua ketahui bintang yang terdekat dengan bumi saja berjarak 8 tahun cahaya. artinya cahaya saja membutuhkan waktu 8 tahun untuk sampai ke bumi. Padahal kecepatan cahaya itu 300.000 km/detik.
jadi jaraknya jauh banget tuh. jadi jika cahaya membutuhkan 8 tahun untuk sampai ke bumi, berarti jaraknya = 8 tahun x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 detik x 300.000 km/detik =75.686.400.000.000 km atau sekitar 75 triliun km. WOW..!!!! 

Kita mungkin bisa pergi kesana, tapi butuh waktu berapa lama? Kalau misalnya kita naik pesawat ulang alik seperti yang biasa kita lihat yang kecepatannya 20.000 km/jam , mungkin setelah 428 tahun kemudian kita baru sampai di sana, itu pun kalau kita masih hidup dan itu juga baru bintang yang paling dekat loh. masih banyak bintang di alam semesta ini, ada yg jaraknya 100 tahun cahaya,1000 tahun cahaya, ada juga yang 1 juta tahun cahaya. dan yang paling jauh, ditemukan oleh ilmuan asal jepang yang berjarak 10 miliar tahun cahaya. artinya cahaya saja butuh waktu 10 miliar tahun untuk sampai ke bumi.jadi kalau kita lihat langit pada malam hari, sebenarnya kita bukan ngeliat langit yang sekarang aja. tapi pada saat yang bersamaan kita sedang melihat langit sekarang, 8 tahun yang lalu, 100 tahun yang lalu, 1000 tahun yang lalu, 1 juta tahun yang lalu, dan bahkan 10 miliar tahun yang lalu....!!! Subhanallah..
tahukah kalian bahwa matahari yang kita lihat setiap pagi itu adalah matahari 8 menit yg lalu? itu karena sinar matahari membutuhkan waktu 8 menit untuk sampai ke bumi, yang berjarak 150 juta km. berarti, matahari yang kita liat itu adalah matahari 8 menit yang lalu.

Oke dah sob, sekian dari saya dan terima kasih sudah mampir. tetap semangat dan tetap amati aktivitas galaksi kita. :)

sumber; id.wikipedia.org

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © Sky iNN - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -